Sabtu, 16 April 2011

RPP PERMAINAN TRADISIONAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENDIDIKAN TRADISIONAL
Mata Pelajaran : Pendidikan Tradisional
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….

Standar Kompetensi                  :1. Menampilkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di  dalamnya.
Kompetensi Dasa                       :1.1. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainantradisional dengan baik, serta nilai ker jasama,toleransi,percayadiri,keberanian,menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **).
Indikator                                     :1.Kecepatan,kekuatan,kelincahah,dankerjasama                
                                                          yang baik.
2. Bermain  benteng-bentengan 
 menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
Alokasi Waktu                              : 2 x 40 menit ( 3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
A. Siswa dapat mengetahui betapa banyak permainan- permainan tradisional di indonesia
- menghargai
- mengembangkan
- menerapkan dalam kehidupan sehari - hari
B. Siswa dapat bermain dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B. Materi Pembelajaran
Permainan tradisional dengan judul
benteng - bentengan
A.   BAHAN/ ALAT YANG DI GUNAKAN       :

1.  Lapangan kosong
2.  Dua buah tiang yang sama besar nya

B.   CARA BERMAIN
Benteng/bentengan
permainan terdiri dari 2 kelompok, inti dari permainan ini adalah banyak2an siapa yang berhasil menduduki benteng lawan ( dengan simbolnya menyentuh benteng lawan ). Setiap team akan menjaga bentengnya benteng ( bentuk dan bendanya terserah, biasanya tiang listrik, pohon, tembok, dll ) sekaligus menyerang benteng lawan. Setiap penyerang yang sudah jauh meninggalkan bentengnya, akan bisa ditangkap oleh penjaga, dan jika tertangkap penyerang akan menjadi tawanan. Dan harus di selamatkan oleh kawannya untuk bisa bermain lagi. kelompok yang berhasil lebih banyak mendudukin benteng lawan, itu lah yang menang
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive (cakupan)
- Demontrasi
- Part and whole (bagian dan keseluruhan)
- Resiprocal (bolak balik).
D. Sumber Belajar
- Lapangan
- Tiang atau kayu atau sejenis nya
- Buku teks
- Buku referensi
E.   Penutup
Siswa dalam kegiatan penutup diberikan gerakan-gerakan yang sifatnya pelemasan sehingga otot-otot yang tegang jadi kendor kembali seperti semula gerakan relaksasi, juga diberikan koreksi kekurangan dan kelebihan-kelebihannya. Setelah itu diberikan informasi kegiatan minggu berikutnya, ditutup dengan salam dan berdoa, serta siswa diminta untuk mempersiapkan pelajaran jam berikutnya.

F. Penilaian
      Anak diminta untuk bermain benteng- bentengan denan benar dan diamati:
a.    Kesungguhanya dalam melakukan
b.    Dilihat teknik KECEPATAN nya
c.    Dilihat teknik kelincahan nya
d.    Dilihat teknik dan stra tegi



palembang, 15 aril 2011


guru bidang studi  p.Trian



(                                        )























RPP
PEMBLAJARAN PENDIDIKAN TRADISIONAL


1
 







Disun Oleh :
KELOMPOK : III
NAMA          KELOMPOK :
1. Eslan Dia Pahlepi               ( 09133085 )
2. dahwam                                     ( 09133206 )
3.
4.
5.
6.
KELAS                     : PO4B

UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar